Virus Tambal Ban

Virus Tambal Ban

Kemarin malam ada seseorang yang minta tolong kepada saya untuk dicetakan sebuah file dari flashdisk yang dia bawa. Ketika saya memasukkan flashdisk tersebut ke komputer saya, saya mendapati sebuah folder yang yang bernama tambal ban, spontan saya mengklik folder tersebut karena pada saat itu saya menganggap unik aza dengan adanya folder tambal ban, lantaran saya ingin tahu apa sih isinya. File telah saya cetak dan orang tersebut pun pergi.

Tidak lama kemudian + 1 jam datang seseorang yang minta dicariin antivirus yang bisa membrantas sebuah virus yang dia sebut “tambal ban”. Saya tanya kepada orang tersebut “sudah pake antivirus apa?”, dia jawab “avg, avira, symantek, kapersky semuanya gak bisa, apalagi membunuh, mendetek aza nggak”. Sejenak saya teringat bahwa sebelumnya saya mengklik sebuah folder (tetapi sebenarnya virus) yang bernama tambal ban dan cepat-cepat saya cek sistem di komputer saya, saya sedikit panik karena tiba-tiba di desktop komp saya ada file tambal ban yang ber exstensi txt. Pesannya kira-kira seperti ini “selamat, komputer anda terserang virus baru yang bernama TAMBAL BAN. Semoga virus tersebut selalu menemani komputer anda”

Akibat dari virus ini beberapa folder di komputer saya berubah exstensinya menjadi aplication yang seharusnya file folder. Ketika saya klik folder yang terinfeksi tersebut, folder lain yang belum terinfeksi menjadi korbannya juga. Di sinilah letak bahayanya virus ini.

Solusi

Awalnya saya beranggapan bahwa ini virus yang sangat susah dibasmi, karena dengan antivirus yang sekelas symantek dan avast pun taidak terdetek. Tetapi kekhawatiran tersebut tidak beralasan lagi setelah akhirnya saya menemukan solusi untuk membersihkan virus ini. Dan langkahnya_pun cukup sederhana, yang pertama kali anda lakukan adalah anda masuk ke C:/WINDOWS/system32, kemudian cari file tambal ban, terus delete. Langkah selanjutnya scan komputer dengan antivirus Pcmav yang dapat dengan baik mengenali virus ini setelah file tambal ban yang ada di system32 dihapus dulu.

Semoga bermanfaat

2 thoughts on “Virus Tambal Ban

Tinggalkan Balasan

