Pengenalan Komputer

JENIS-JENIS KOMPUTER

(download artikel lengkapnya di sini. pdf version)

Pada saat ini kita bisa menemui 2 jenis komputer yang umum digunakan yaitu laptop dan desktop.

Laptop

Laptop (notebook/powerbook) adalah komputer portabel, kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah, yang terintegrasi pada sebuah casing. Beratnya berkisar dari 1 hingga 3 kilogram tergantung dari ukuran, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai Laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam bergantung pada cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.

Sebagai komputer pribadi, Laptop memiliki fungsi yang sama dengan Komputer Desktop meskipun dengan kemampuan yang lebih rendah. Komponen yang terdapat didalamnya adalah sama dengan yang terdapat pada Komputer Desktop dengan ukuran yang diperkecil, lebih ringan, tidak panas dan irit listrik. Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci bergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang terdapat pada Laptop juga dilengkapi dengan Touchpad atau dikenal juga sebagai Trackpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor mouse. Keyboard dan Mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB.

Komputer Desktop

Komputer desktop atau desktop saja adalah jenis komputer pribadi nonportabel yang antara monitor, CPU, dan keyboard tidak terintegrasi (terpisah-pisah) dan relatif berukuran besar. Komputer jenis ini dirancang untuk diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor. Desktop adalah komputer yang paling terjangkau dan paling umum saat ini, dan sering digunakan di perusahaan, rumah, sekolah, dan organisasi lainnya.

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya.

Perangkat keras komputer dibagi dalam 4 kelompok yaitu Alat Input, Alat Proses, Alat Output dan Alat Penyimpan Data.

A. ALAT INPUT

1. Keyboard

Sebuah keyboard, kibor atau papan ketik adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk menginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer.

Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk tercetak di atasnya. Huruf atau simbol yang tercetak tersebut akan ditampilkannya di monitor bila ditekan, Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus.

Ada berbagai jenis tata letak tornbol-tombol pada keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY.

Keyboard tipe baru mempermudah pengguna dalam mengakses isi komputer dengan tambahan tombol F1 hingga F10. Selain itu, keyboard baru juga banyak yang nirkabel.

2. Mouse

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalarn komputer selain keyboard. Dinamai mouse karena bentuknya yang seperti tikus.

Mouse pertama diciptakan pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart. Mouse tersebut terbuat dari kayu dengan I tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama “X-Y Position Indicator”‘.

Bentuk umurn mouse adalah menggunakan dua tombol di kiri dan kanan yang bisa “diklik”. Meskipun begitu, komputer-komputer Macintosh umumnya menggunakan mouse satu tombol.

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata, Mouse yang lebih baru biasanya tidak mempunyai bola; menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan pemakai. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik itu yang berbasis radio, inframerah rnaupun bluetooth.

Saat ini mouse terbaru sudah mernakai laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2000 dpi. Biasanya mouse semacam ini digunakan oleh para pemain game.

3. Touchpad

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yang dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yang pointing stick dan trackball.

4. Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

5. Trackball

Trackball adalah alat penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah Mat yang memiliki sensor gerakan.

Trackball umumnya terdapat pada mouse modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk dapat menaikkan/menurunkan layar.

6. Joystick

Joystick ialah alat masukan (input device) komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke empat arah (kiri-kanan dan Maju-mundur). Joystick sangat jamak digunakan bagi aplikasi permainan (game) komputer dan tersedia dalarn berbagai bentuk, mulai dari bentuk joystick pesawat terbang, setir mobil dan gamepad.

7. Gamepad

Biasa digunakan pada videogame atau Play Station untuk mengatur gerakan pada layar.

8. Barcode

Barcode ternrasuk dalarn unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia menggunakan barcode untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya.

9. Scanner

Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:

  • pemindai gambar
  • pemindai barcode
  • pemindai sinar-X
  • pemindai cek

· pemindai logam

· pemindai Optical Mark Reader (OMR)

Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.

Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).

Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:

a) Flatbed

Pada pemindai garmbar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pernindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.

b) Automatic Document Feeder (ADF)

Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Docurnent Feeder (ADF) adalah:

o kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam

o dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan

o dengan imprinter, pemindai dapat rnemberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai

o sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen

10. Kamera Digital

Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari karnera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.

11. Mikropon dan Headphone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam mernori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan rnikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya rnemerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

12. Graphics Pads

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

13. Mobile Phone

Handphone kini dilengkapi dengan fasilitas kabel data, inframerah dan bluetooth yang dapat digunakan untuk memasukkan data dari handphone (berupa gambar, lagu, atau video) ke komputer.

14. Webcame

Webcam adalah kamera digital yang dikoneksikan ke komputer, digunakan untuk telekonferensi video atau tujuan lain. Webcam dapat menangkap gambar video gerak-penuh, dan beberapa model termasuk mikrofon dan kemampuan zoom.

B. ALAT OUTPUT

1. Monitor

Monitor merupakan media keluaran yang berfungsi untuk menampilkan hasil kerja komputer pada layar. Ada beberapa jenis monitor dilihat dari segi kemampuannya menampilkan hasil kerja yaitu monochrome, CGA, EGA, VGA, dan SVGA. SVGA adalah monitor yang paling banyak digunakan saat ini. Ketajaman gambarnya berukuran 768 x 1024 pixel atau lebih sehingga tampilan gambarnya lebih bagus dari jenis monitor yang lain.

2. Printer

Printer atau pencetak adalah alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, baik berupa teks maupun gambar/grafik, biasanya di atas kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya.

Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.

3. Speaker

Speaker adalah komponen elektronika yang menerima sinyal masukan dan memberikan respon keluaran berupa frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

C. ALAT PENYIMPAN DATA

1. Media Penyimpanan Data Internal

Media penyimpanan ini telah lebih dulu kita bahas pada bagian Motherboard yaitu RAM dan ROM

2. Media Penyimpanan Data eksternal

a) CD (Compact Disk)

Piringan Kompak (atau Compact Disc, CD) adalah sebuah piringan optik yang digunakan untuk menyimpan data digital.

CD diperkenalkan pada tahun 1982, dan tetap menjadi format standar pemutaran rekaman audio komersial per pertengahan 2006.

Sebuah CD audio mengandung satu atau lebih track stereo yang disimpan dengan coding 16-bit PCM pada rasio sampling 44.1 kHz. CD standar memiliki diameter 120 mm atau 80 mm. Piringan 120 mm dapat menampung sekitar 80 menit audio. Piringan 80 mm, yang kadang digunakan untuk CD single, menampung sekitar 20 menit audio. CD-ROM dan CD-R tetap digunakan secara luas dalam industri PC per tahun 2006. CD dan jenis-jenis pengembangannya telah sukses secara luar biasa: pada tahun 2004, penjualan dunia untuk CD-Audio, CD-ROM, and CD-R mencapai sekitar 30 milyar keping. Kapasitas penyimpanan data sampai 700 MB

1) CD-ROM

Teknologi piringan kompak kemudian diadopsi untuk digunakan sebagai aiat penyirnpan data, dikenal sebagai CD-ROM.

CD ROM (Compact disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data yang cukup besar. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700Mb.

CD ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, tidak dapat ditulis berulang kali). Untuk dapat membaca isi CD ROM, komponen utama yang diperlukan adalah CD Drive.

2) CD-RW

CD-RW adalah pengembangan dari CD ROM yang dapat ditulis berulang kali (Re Write / RW)

b) DVD

Digital Versatille Disk (DVD) adalah penyimpan grafik program maupun data yang kapasitasnya lebih besar dari CD-ROM. Kapasitas DVD mencapai 17 GB. Pada saat ini telah beredar beberapa jenis DVD yaitu DUD-ROM, DVD-R, DVD-RW dan DVD-RAM.

c) Floppy Disk

Disket “dibaca” dan “ditulis” menggunakan floppy disk drive, yang terletak di CPU. Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,41 MB.

d) Flash Disk

Beberapa tahun belakangan ini penyimpan data ini mulai digemari. Selain karena bentuknya lebih kecil juga bisa menyimpan data lebih besar dari sebuah disket. Kapasitas memori sebuah flash disk bisa mencapai 1 Gigabyte atau 1 G. Sebuah flasdisk keluaran UMAX yaitu UMAX APUS 210 bisa menyimpan data hingga 4 GB. Flashdisk keluaran Pendrive bahkan bisa menyimpan data hingga 8 GB.

e) Harddisk

Harddisk atau Harddisk Drive (HDD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk dapat menyimpan data lebih banyak dibandingkan dengan penyimpan data portabel seperti disket, CD-ROM, atau kaset.

Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynoid Johnson di tahun 1952. Terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter), kecepatan rotasinya mencapai 1200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 5 MegaByte. Harddisk jarnan sekarang ada yang selebar 0,6 cm dengan kapasitas 400 GigaByte. Data-data dalam hard disk disimpan di permukaan magnetis yang berputar.

Jika dibuka, terlihat mata Harddisk pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar.

Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika harddisk tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan Harddisk untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Dalam perkembangannya kini harddisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil narnun merniliki daya tampung data yang sangat besar. Pada saat ini kapasitas l-1arddisk berk.isar 20 – 80 GB.

1 kilobyte (1 KB) = 1024 byte; 1 Megabyte (1 MB) = 1024 KB; 1 gigabyte (1 GB) = 1024 MB.

Harddisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire

PENEMUAN KOMPUTER

· Tahun 1455

Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak yang menggunakan plat huruf dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai dari kayu.

· Tahun 1830

Augusta Lady Byron dan Charles Babbage menulis program komputer yang pertama didunia. Mesin Analytical ini didesain mampu memasukan, mengolah dan menghasilkan bentuk keluaran data dalam sebuah kartu. Walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis, mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama.

· Tahun 1899

Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape (pita) Magnetis yang pertama.

· Tahun 1931

Konrad Zuse membuat kalkulator yang pertama

· Tahun 1937

George Stibitz membuat kalkulator biner pertama

· Tahun1939

John J. Atanasoff dengan bantuan Clifford Berry merancang sebuah prototype yang ditetapkan sebagai komputer digital otomatis yang pertama.

· Tahun1940

Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.

· Tahun 1945

Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext.

· Tahun1946

Komputer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan.

· Tahun 1948

Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor.

· Tahun 1957

Jean Hoerni mengembangkan transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon.

· Tahun 1972

Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama.

· Tahun 1973 – 1990

Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DCN dan Internet Gateway.

· Tahun 1991 – Sekarang

Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. 1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah World Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), Jasa Registrasi (oleh Network Solution Inc,), dan jasa Informasi (oleh General Atomics/CERFnet),1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

Referensi : Teknologi Informasi dan Komunikasi Tim Pengembang Kurikulum SMP Kab. Serang, 2007

25 thoughts on “Pengenalan Komputer

  1. maaf, tp apa anda bisa membantu saya…
    apakah anda tau cara kerja input output pada perangkat :
    input webcam dan output LCD monitor….
    tolong bantu saya….
    e-mail saya : yuli4_88@yahoo.com
    saya harap secepatnya….
    terima kasih…

  2. maaf, tolong bantu saya ……
    tolong anda sebutkan macam-macam monitor dan macam-macam printer beserta fungsi masing-masing..
    tolong bantu saya…
    saya harap secepatnya…
    Terima kasih banyak…..

  3. Hi there! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I truly
    enjoy reading your posts. Can you suggest any other blogs/websites/forums that deal with the same topics?
    Thanks for your time!

  4. You can definitely see your expertise in the work you write.

    The arena hopes for even more passionate writers such as
    you who are not afraid to say how they believe. At all times
    go after your heart.

  5. Its like you read my mind! You appear to know a
    lot about this, like you wrote the book in it or
    something. I think that you could do with a few pics to drive the message home a
    little bit, but other than that, this is fantastic blog.
    A great read. I’ll definitely be back.

  6. I’ve been browsing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It’s pretty
    worth enough for me. Personally, if all website owners
    and bloggers made good content as you did,
    the internet will be much more useful than ever before.

  7. Asking questions are actually nice thing if you are
    not understanding something fully, but this piece of writing offers pleasant understanding even.

  8. I got this site from my friend who shared with
    me on the topic of this website and at the moment this time I am browsing this web page and reading very informative articles or
    reviews here.

  9. So for example on other web sites and settlement funding for others still it provides the means for you to my
    senior year in prison. But given settlement funding the
    cost? People who are involved in filing a harassment cause of action explained above, there.
    Some authorities will advise you on the spirit of the development of an employer for this separate complaint.

    Many possibilities come to you faster than Settlement Capital Corporation. Having in mind the basic requirements each procedure involves we can just keep going on.

  10. If their every day life is improving, they’re staying clean and sober, prehaps you
    are on the right track. In lay terms, nerve cells from the brain become
    either sensitized or desensitized by drug use, causing changes from the central nervous system.
    Learn about these uses, and in regards to the most common clonidine uncomfortable side effects,
    with this guide.

  11. Since it is a sensitive issue, the trial proceedings should always be left in the hands of a professional.
    Parrish formerly represented law enforcement agencies and instructs law enforcement officers.
    A plea bargain is an agreement made between the prosecution and the defense where the defendant agrees to plead guilty to a lesser charge, in exchange for
    a prosecutor dropping a more serious charge.

  12. The First Amendment also does not protect from use of obscenity, fighting words, defamation, incitement to lawless action, true
    threats and solicitation to commit crimes. These attorneys aren’t
    cheap, but the chances that they’ll get your case dismissed
    or get you a reduced sentence is virtually assured. He will try his
    best to shield you in opposition of the charges by
    the police officer in court.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s