Akhirnya UAS (Ujian Akhir Semester) selese juga…

Akhirnya UAS (Ujian Akhir Semester) selese juga…
Januari 24th, 2009 by ism

“Wah lega sudah rasanya”, itulah kata-kata yang keluar dari mulut teman-teman saiia setelah selesai uas, tak terkecuali saiia sendiri. Bagaimana tidak, setelah selama seminggu selesai dipusingkan dengan mata kuliah_yang kata sebagian temen saiia membosankan_kini telah usai sudah seiring dengan usainya uas. Akan tetapi tidak semua temen-temen saiia lega dengan selesainya UAS ini yang menurut mereka bak badai di depan mereka ketika mereka sedang berlabuh di tengah lautan, yang mw tidak mw harus dilewati, pasalnya sebagian dari mereka harus mengulang semester (SP/semester pendek) dan ujian remidial, karena nilai merek di bawah C.

Sebenarnya hal di atas tidak perlu terjadi, karena ada trik-trik yang dapat dilakukan untuk menghindari kenyataan pahit itu… (hiperbola gak sih saiia?) jauh sebelum uas di depan mata.

Pertama, pada saat kuliah (ini di kampus loh bukan di sekolah, karena sistem belajar di kampus dan di sekolah sudah berbeda 180 derajat), dengarkan dengan seksama apabila dosen sedang berbicara, ini hal yang mungkin membosankan, karena tidak jarang seorang dosen menerangkan hal yang sama, maksudnya itu-itu saja, atau memang karena kita telah mengerti pembahasan yang telah dibahas, tetapi di sinilah letak keberkahan dari ilmu, kesabaran dalam menghadapi guru, guru itu harus dimulyakan kawan, hmmm percaya gak percaya itulah letak keutamaan seorang guru. Kalau mencatat hal yang penting dari penjelasan seorang dosen itu harus, tentunya kawan-kawan dah pada ngerti dong.

Kedua, reviewlah setiap MK yang baru saja dipelajari. Bila temen-temen malas untuk me-review, biasakanlah sedikit demi sedikit untuk melakukannya, caranya banyak bangets, bila tmn-tmn suka mendengarkan musik, tidak ada salahnya me-review MK sambil mendengarkan musik, kan lebih enjoy, atau mungkin sambil maen ep es/pesbuk, kan ok juga tuh biar keren. Me-review pelajaran akan membantu daya ingat kita agar tidak mudah lupa. Salah satu cara untuk menambah daya tampung memory otak kita adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi, hal ini tentu tmn-tmn dah pada tw, selain itu juga perbanyak perbuatan baik, dan kurangi perbuatan jelek, dan tinggalkan. Apakah dengan berbuat baik dan tidak berbuat jelek adalah berpengaruh bagi perkembangan otak kita? oh jelas, insya Allah akan saiia jelaskan pada next posting ya.

Ketiga, apabila tahap kedua (mereview MK setiap harinya) telah dilakukan, maka lihatlah perkembangannya, teman-teman akan lebih mudah mengingat pelajaran-pelajaran yang telah dipelajari bukan. Tahap selanjutnya adalah mereview kembali pelajaran-pelajaran yang telah dipelajari secara berkala, setiap minggu, dan setiap bulannya. Gampang bukan.

Keempat, hindari SKS (sistem kebut semalam) pada saat sehari menjelang UAS, melihat sekilas pelajaran yang akan diujikan bagus, tetapi ingat, sistem kebut semalam perlu dihindari, hal ini akan berpengaruh pada kesehatan temen-temen, juga kondisi psikologis temen-temen, bukannya menjelang uas itu harus tenang kondisi jiwanya. Lagipula, lebih baik mana antara Belajar selama lima menit tetapi rutin daripada belajar semalam suntuk tetapi hanya pada saat menjelang UAS?… hayo jujur….

Tahap terakhir, harus PEDE dan optimis dengan usaha yang telah dilakukan dan jangan sampai saking PEDE dan Optimisnya temen-temen mpe lupa ama Tuhan, doa harus tetap dilakukan. Dan jika hal-hal tersebut di atas telah dilakukan, anda siap menghadapi UAS dengan santai dan penuh percaya diri, klo bahasa kerennya sih slef konfiden.. (bener gak ya tulisannya).

OK, sekian aza ya, semoga kejadian pahit yang dialami oleh temen-temen saiia tadi tidak lagi terulang pada the next uas, dan menjadi pelajaran berharga bagi temen-temen friendster ku semuanya. amin…

CU on next posting….

One thought on “Akhirnya UAS (Ujian Akhir Semester) selese juga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s