Bimbingan dan Penyuluhan

Bimbingan dan Penyuluhan

Bimbingan adalah bantuan atau pertologan yang diberikan kepada individu atau sekelompok individu dalam mengatasi dalam mengatasi atau menghindari kesulitan-kesulitan.

Penyuluhan adalah bantuan yang diberikan kepada individu atau kelompok dalam memecahkan masalah kehidupannya dengan wawancara, dengan cara-cara yang sesuai dengan keadaan individu atau kelompok yang dihadapi.

Macam-macam BP

  • Individu
  • Kelompok
  • Karir
  • Jabatan

Tujuan BP

  • Mengembangkan pengertian dan pemahaman diri siswa dalam kemajuannya di sekolah.
  • Memilih dan mempertemukan pengetahuan tentang dirinya dengan informasi tentang kesempatan yang ada secara tepat dan bertanggungjawab.
  • Mewujudkan penghargaan terhadap diri orang lain.
  • Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya.
  • Memahami lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.
  • Mengidentifikasikan dan memecahkan masalah yang dihadapi
  • Menyalurkan baik dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang-bidang lainnya.

Fungsi BP

  • Menyalurkan program dan jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat siswa.
  • Mengadaptasikan kepada staf/personil pengajar, program/kurikulum pengajaran dan lingkungan lembaga.
  • Pencegahan terhadap diri siswa kemungkinan terjadinya hambatan.
  • Perbaikan : membantu siswa memperbaiki kondisi siswa yang dipandang kurang memadai.
  • Pengembagan : membantu siswa untuk melampaui proses dan fase perkembangan secara wajar.

Prinsip BP

  • Bimbingan diberikan untuk anak-anak, orang dewasa, bahkan orang tua sekalipun.
  • Untuk memajukan penyesuaian individu dalam semua aspek

ü      Intelegensi

ü      Kepribadian

ü      Tanggung jawab

ü      Disiplinj, dll.

  • Semua orang memiliki masalah yang butuh pertolongan.
  • Semua murid membutuhkan bimbingan.
  • Alat-alat dan teknik mengajar sebaiknya mengandung suatu dasar pandangan bimbingan.
  • Semua orang sama, kebanyakan sifat-sifatnya mempunyai perbedaan.
  • Perlu diadakan program-program evaluasi atau penilaian dan penyelidikan individu.

ü      Tes formatif

ü      Tes sumatif

ü      Tes penempatan

ü      Tes diagnosa

  • Kerjasama yang baik antara pembimbing dengan badan atau yayasan di masyarakat yang mempunyai hubungan dengan usaha bimbingan.
  • Sikap orang tua dan suasana rumah sangat mempengaruhi tingkah laku anak.
  • Menolong orang supaya berani dan dapat memikul tanggung jawab sendiri dalam mengatasi kesukarannya, hasilnya dapat berupa kemajuan pada pribadi orang tersebut.
  • Harus bersifat lincah dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan/keadaan masyarakat atau individu.
  • Berhasil atau tidaknya suatu bimbingan sebagian besar tergantung kepada orang yang minta tolong.

ref. buku catatan kuliah saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s