Siapa yang pantas disalahkan?

Usaha Pemerintah Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia

Pada suatu hari dalam perkuliahn sosiologi pendidikan, saya tergelitik mendengar pertanyaan yang datang dari teman saya. berikut pertanyaannya

“Mengapa mutu pendidikan di Indonesia sangat rendah, padahal mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim, dan seperti diketahui bahwa banyak ilmuwan terkenal berasal dari umat Islam, misalnya dalam bidang kimia, fisika, matematika dan sains, sebenarnya siapa yang salah? Pemerintah, ataukah sistem pemerintahannya?”

Begitulah pertanyannya, dan ingin rasanya saya angkat bicara, tetapi tertahan di tenggorokan.

Mengapa saya bilang tergelitik, karena memang dosen yang sedang mengajar merupakan dosen umum, sedangkan teman saya tersebut salah satu dari anggota LDK dan HT yang dikenal lantang menyuarakan Islam, akhirnya jawaban si dosen tidak seperti yang diharapkan oleh teman saya, terjadilah adu argumen yang gak nyambung.

Di sini saya tidak akan membicarkan hal di atas, karena tidak ada yang mutlak bersalah dalam hal rendahnya mutu pendidikan di Indonesia, ini merupakn masalah yang kompleks.

Terlepas dari siapa yang salah atau patut disalahkan, Pemerintah telah melakukan berbagia usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan kita, di antarnya sebagai berikut:

  • Wajar Dikdas 9 Tahun : wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun SD dan SMP.
  • Menyediakan akses pendidikan bagi mereka yang tidak memiliki kesempatan dan atau kurang mampu, misalnya dengan menyelenggarkan program paket A, B dan C
  • Meningkatkan penyediaan pendidikan keterampilan baik formal maupun non formal, seperi dibangunnya sekolah-sekolah kejuruan di setiap kecamatan.
  • Menyediakn Pemerataan pendidikan, misalnya mutasi guru
  • Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik
  • Meningkatkan mutu pendidik
  • Menyempurnakan Manajemen Pendidikan
  • Menyepurnakan kurikulum dan pelaksaannya

Dengan usaha-usaha tersebut, diharapkan dapat menjadi resolusi yang positif bagi masalah klasik dunia pendidikan di Indonesia. Walaupun terdapat beberapa program yang belum berjalan dengan semestinya, tetapi kita harapkan hal tersebut dapat segera dibenahi agar lebih baik di masa mendatang.

3 thoughts on “Siapa yang pantas disalahkan?

  1. bos …. gan …. gw ada plk supra x 125 dd n ckram blkng sma pala babi nya foot step injakan rem untk blkng original mw gw lego tuh gan…. smua nya gw buka harga 3jt tinggal pasang aja ga pkai tambahan yg lain. pnp( pluk n play ) sms 081280697552 thx ya bos atas perhatian nya …… sory gw coment disini…^_^

  2. memang benar apa yang saudara tulis namun, apakah solusi yang anda sampaikan itu telah lebih dulu anda praktekkan untuk menguji layak atau tidaknya untuk diimplementasikan pada sistem pendidikan kita sekarang ini. terlebih jika kita flash back tentang menteri pendidikan yang telah beberapa kali diganti. hal itu berimbas pada berubahnya sistem pendidikan kita. bagaimana siswa tidak dibuat bingung dan nelangsa jika setiap solusi yang idberikan pemerintahan yang baru lantas melampaui batas kemampuan siswa itu sendiri walau pada hakikatnya memiliki tujuan mulia, mencerdaskan bangsa.

  3. Hmm it appears like your site ate my first comment (it was
    super long) so I guess I’ll just sum it up what I had written and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to everything. Do you have any helpful hints for beginner blog writers? I’d really appreciate it.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s